Langsung ke konten utama

Pendapat Kamera DSLR Cuman Buat Gaul

Gan, Ane dapat tulisan bagus nih gan, dari blogger cewek. Ane setuju dengan tulisannya ini, jadi ane re-post di mari buat tahu pendapat agan-agan sekalian..

Quote:
Originally Posted by Alanna
Berapa hari yang lalu gue nulis ini di jurnal deviantart gue, karena responnya cukup banyak dan ada beragam pendapat jadi gue berpikir untuk me-repost nya.

"Kalian ngerasa nggak kalau banyak yang suka fotografi, terutama yang punya DSLR cuma buat gaya-gayaan doang? Kebanyakan sih yang kayak gitu anak-anak seumuran gue. Nih ya gue sering ngeliat anak-anak seumuran gue alias ABG berkeliaran di pusat perbelanjaan dengan mengalungi DSLR, dengan begitu mereka merasa diri mereka keren, gaul, trendy, dan blablabla. Ok jadi mereka beli DSLR untuk GENGSI semata. Tapi kalau mereka ditanya tentang fotografi mereka nggak bisa jawab apa-apa, maaf kalau boleh dibilang kemampuan anak-anak yang kayak gitu NOL BESAR. Bukanya sombong tapi itu kenyataan yang gue liat. Menurut kalian gimana? Eneg nggak sih ngeliat ABG ABG yang kayak gitu?"

Banyak loh anak muda di luar sana yang niat banget buat belajar fotografi, mereka manfaatin kamera seadanya bahkan ada juga yang minjem, kemampuan mereka juga nggak kalah sama yang pake DSLR. Mungkin buat sebagian orang harga sebuah DSLR itu murah, tapi bagi mereka (termasuk gue) DSLR itu bukan barang yang murah, sayang banget kalau barang mahal cuma dipake buat gaya-gayaan, pamer, dan jaga gengsi. Buang jauh-jauh deh pikiran lo kalau fotografi itu hobi anak-anak gaul, fotografi itu bisa bikin lo eksis, dan lain sebagainya. Kalau lo emang suka fotografi serius lah dalam bidang itu, jangan karena lagi ngetrend trus lo memaksakan diri lo jadi suka fotografi. Hal-hal yang sering bikin geregetan tuh yang kayak gini, lo punya DSLR tapi lo nggak tau cara makenya, buat lo DSLR itu cuma sebagai simbol kalau lo suka fotografi. Itu yang menyebabkan timbulnya kecemburuan sosial. Anak-anak yang make kamera seadanya itu pasti iri, geregetan, dan berpikiran 'LO TUH NGGAK PANTES PUNYA DSLR! kok lo be
Di sini gue cuma mau ngelurusin aja persepsi ABG soal fotografi. Fotografi itu bukan buat gaya-gayaan. Maaf kalau postingan ini agak frontal, tapi sekedar untuk masukan sekaligus sindiran biar mereka yang punya sifat kayak gitu bisa berubah
Gimana Gan??

Budayakan:
1. Meninggalkan koming yang bermutu;
2. Dirate *5 kalo setuju;
3. Kasih cendol bagi yang udah ISO... OKE!!


Quote:
Tanggapan Pembanding dan Ane SETUJU!!
Quote:
Originally Posted by masterindra
Kalo menurut ane ada 2 (dua) hal yang harus diperhatikan dalam masalah ini:
1. Setiap orang berhak meng-epresikan apa yang di sukainya.
2. Fotografi milik semua orang dan kalangan.

Penjelasan:
1. Setiap orang berhak meng-epresikan apa yang disukainya.
Kalo menurut ane, sah2 aja setiap orang yang punya DSLR untuk membawanya kemana pun dan kapanpun. Namun yang perlu diperhatikan adalah, DSLR itu per-untukkannya adalah untuk Semi-Pro dan Proffesional.
Jadi kalo dipakai hanya untuk "Gaya-Gayaan" memang terkesan Mubazir.
Pengalaman ane, ane juga pake DSLR, tapi ane juga pake Camdig-Pocket. Kalo dari sisi hasil, Pocket juga udah cukup bagus. Disamping mudah dibawa, dan praktis pemakaiannya, hasilnya juga bisa disejajarkan sama DSLR (walaupun kualitasnya paling tinggi cuma 70-80% dari DSLR)
Jadi kalo menurut ane, buat orang (disini disebut "ABG" di bidang Fotografi) lebih baik, jangan terlalu "Over Reaction" dalam penggunaan DSLR.

2. Fotografi milik semua orang dan kalangan.
Kalo menurut ane, setiap orang berhak untuk menciptakan hasil dan menikmati hasil dari fotografi, tidak ada batasan. Karena hasil dari fotografi itu adalah "Bahasa Universal". Kalo disinggung mengenai "Kecumburuan Sosial", ane lebih mengharapkan kita2 yang belum punya DSLR jangan "berkecil hati". Agan & Aganwati masih bisa kok menikmati fotografi.
Yang terpenting disini adalah "Tanamkan Pikiran Positif" dalam diri kita, bahwa "Kamera boleh beda, tapi kita tetap sama, yaitu Pencinta Fotografi".

Salam.
Quote:
Pengalaman User DSLR
Quote:
Originally Posted by kforever View Post
gw pernah nulis sebuah cerita di forum alpharian secara gw Sony Alpha DSLR user..

Ada sebuah cerita di seputaran KFC Karawaci (yang di pinggir jalan itu tempatnya) suatu malam. Gw kesana ama keluarga kakak2 gw ama nyokap gw dan tentu aja gw kemana mana bawa Alpha kesayangan gw karena emang gw adalah salah satu "moment catcher" dan itu juga sumber keuangan gw selama ini

Setelah pesan makanan, kita duduk diluar. Lagi enak2 ngobrol, tau2 ada kilatan flash... Ternyata ada 3 anak muda, sekitar anak sma atau kuliahan semester2 awal gitu lagi pada bicarain dslr dan mereka tepat duduk dibelakang gw.

Salah satunya megang camera DSLR yang harga barunya di sebuah toko online sekitar 9jt-an kurang dikit berikut lensa standar dan satu lagi pocket cam. Sementara sisanya ga pegang kamera apa apa.. Mungkin ga bawa atau ga punya. Nah saat gw mo cuci tangan ke dalam, gw sempet ngeliat sekilas.. Yang punya DSLR mengeluarkan sebuah lensa Red Ring (yang fotografer beneran pasti tau merknya dan itu harganya bisa sama ama harga kamera itu kira kira) tele photo dan lensa fix dan yang terpasang adalah lensa biasa (mungkin all range)

Sekilas gw tarik leher gw buat dengerin pembicaraan mereka..
Ada sekilas pembicaraan dimana yang beli DSLR (duduknya tepat belakang gw) bilang kalau sejak dia beli DSLR tadi siang (berarti tuh kamera baru dan gw yakin untuk beli itu semua berikut tas, bisa habis sekitar 20jt) dan dibawa ke tempat tongkrongannya dia sore sebelum mereka ketemuan di

Naah, saat yang punya mo ngeshoot toko buku yang cukup besar di seberang jalan, dan jpret... eh gw denger "kok gelap?". Yang punya kamera sepertinya bingung, lalu ngutak ngatik ga keruan....

Eh temennya yang ngeluarin pocket cam kemudian mengarahkannya ke arah toko buku tadi dan denger dari pembicaraan mereka, "wuih keren lu potonya" dan mulai nyela yang punya DSLR plus perlengkapan mahal itu. Then yang punya pocket sepertinya mo minjem DSLR itu, dan berjalan melewati meja gw, mengarahkan moncong kamera ke toko buku dan sejenak dia puas.

Dan akhirnya gw tau kenapa hasil foto sebelumnya gelap.. Karena tuh anak sok sok-an make setting manual tapi ternyata ga ngerti apa itu speed, aperture dsb sementara yang punya pocket camera dengan cerdiknya langsung set ke Auto dan menghasilkan foto. Eh dicela cela deh.



Dan gw suka negor di FFK (Forum Fotografi Kaskus), anak-anak nubie yang sebelumnya ga pernah moto dsb, kemudian sok sok-an mo beli DSLR, selalu gw arahkan untuk pake prosumer dulu sebelum pake DSLR daripada mereka beli mahal mahal lalu ga kepake atau mubazir karena ga tau fungsi dan kegunaan DSLR.




Gw sanggup juga kok menghasilkan foto foto yang bagus tanpa perlu DSLR
Akan tetapi gw pengen meningkatkan hasil karya gw, itu sebabnya gw beli DSLR dan itu sampe sekarang masih nyicilll tinggal 1 bulan lagi
Spoiler for tanggapan:
[quote]
Quote:
Originally Posted by hahaha_ha View Post
ane beli DSLR bukan buat gaya2an
mang ane yang minat ma potography khususnya landscape
secara ane demen juga naik gunung
kan sayang udah cape2 naik gunung tapi ga ada dokumentasinya yang bagus
ane pun berusaha untuk mengenal lebih dalam seluk beluk DSLR
serta teori2nya.
Kalo memang butuh, ya memang sudah jadi keperluan, itu sih gak masalah gan..... tapi kalo ke mana-mana ngalungin DSLR... nggak pegel apa tuh leher... iya gak, gan? wkwkwkwk....
Quote:
Originally Posted by azazela View Post
setuju !!
ane juga rada risih kalo ngliat abg2 jaman sekarang yg kaya gitu,
kebanyakan ane liat di kota tua,
(ya walaupun pada kenyataan nya ane masih bisa dibilang abg)
ane minat fotografi dan ane juga ngerti dikit2 tentang fotografi,
tapi ga harus punya DSLR jug kan??
Quote:
Originally Posted by bieeeee View Post
hmm..ogut punya kamera, walopun ga dslr.. hmm, ga gitu juga sepertinyaaa.. karena potografi, punya pandangan yg berbeda sendiri,tp ga tau juga ya kalo itu tnyt d pake cm bua gaya an,, yg harus merogoh kocek >5jt..ckckc..apalagi pict kamera d thread ini, tmn ogut beli 10juta tuhh..canon 50D mangstab
Quote:
Originally Posted by tori miyabi View Post
setuju dengan post-nya TS akhir akhir ini lebih banyak orang beli DSLR cuman buat gaya-gayaan doank padahal fungsi dari kamera tersebut cuman dieksplore sedikit sekali palingan fungsi tersebut hanya dipake 10%-20% nya saja selebihnya hanya buat mengangkat prestise biar di cap anak GAOLL
Setingannya juga Auto semua....
Quote:
Originally Posted by louie91 View Post
penjualan DSLR bagus ane makin bahagia gan
maklum ane sales DSLR
tpi jujur sih ane pnya DSLR,klo ngalungin gituan mulu ttp aj kek ank norak baru pnya barang gituan
mnding fotonya bermutu,tp klo fotonya cuman buad fun sama tmn" ane rasa mnding pke kamera hp deh gan
Bagi beberapa orang memang buat nyari makan...
Quote:
Originally Posted by afterearth View Post
Dulu, pas magang di Indosat, gw juga pengen banget punya DSLR.
Keliatannya Mantep dan Ajeg bgt kalo dibawa..
Sampai suatu hari, Indosat mengadakan seminar.. Pembicaranya Safir Senduk ( Bener gak ya nulisnya ). Dia bilang gini dalam seminar itu, dan akna selalu gw ingat selamanya:
"Kalau kita mau beli barang, jangan beli barang konsumtif, tapi belilah barang ekonomis"
Setuju 1000% ama yang ini....

Sumber dari http://kask.us/4536086 oleh bejjo83

Popular Posts

close
Gabung Grup Facebook Kami