Langsung ke konten utama

Gol David Villa Loloskan Spanyol ke Semifinal

Gol David Villa Loloskan Spanyol ke Semifinal

David Villa menjadi lambang keperkasaan Spanyol kala mengalahkan Paraguay dengan skor 1-0 di babak perempatfinal yang berlangsung di Ellis Park Stadium, Johannesburg.

Gol semata wayang David Villa sudah cukup untuk mengantarkan Spanyol melaju ke babak semifinal melawan Jerman, yang telah melaju terlebih dahulu setelah mengalahkan Argentina dengan skor telak 4-0 (1-0). Pun, karena tambahan satu gol tersebut, David Villa menduduki top skorer sementara Piala Dunia 2010 dengan kemasan 5 gol.

Pertandingan semifinal antara Jerman melawan Spanyol akan dihelat pada 7 Juli 2010 di Durban Stadium, Durban. Bakal terjadi psywar dan perang taktik di lapangan antar sesama tim Eropa tersebut.

Pada pertandingan antara Uruguay kontra Spanyol tersebut, sebenarnya Uruguay bisa unggul terlebih dahulu, namun tendangan penalti Oscar Cardozo mampu ditangkap oleh kiper nomor 1 Spanyol, Iker Casillas. Tendangan penalti tersebut terjadi setelah Gerrard Pique menjatuhkan Cardozo di dalam kotak penalti Spanyol di menit ke-58.
Selang 1 menit kemudian giliran Spanyol mendapat hadiah tendangan penalti, setelah Villa dijatuhkan Alcaraz di dalam kotak penalti Paraguay. Namun, tendangan penalti Spanyol yang dieksekusi oleh Xabi Alonso gagal membuahkan gol, karena dengan sigap, kiper Paraguay Justo Villar menge-block tendangan Alonso. Penalti Spanyol tersebut sebenarnya dilakukan dua kali karena terdapatnya kemelut di sekitar kotak penalti yang kemudian wasit Carlos Batres asal Guatemala tidak mensahkan gol yang dicetak Alonso pada saat penalti pertama.
Karena tendangan penalti dari masing-masing kubu tidak membuahkan gol, kedudukan tetap 0-0.
Sebelumnya Cardozo hampir membawa Paraguay unggul di menit ke-41, namun gol yang dicetaknya, dianulir wasit karena berada pada posisi offside.

Namun berkat penyerangan sporadis yang dilakukan oleh Spanyol ke barisan pertahanan Paraguay, akhirnya 7 menit menjelang bubaran babak kedua, David Villa berhasil menyarangkan bola ke gawang Paraguay setelah menerima bola mentah hasil tendangan Pedro yang terkena tiang jauh gawang Justo Villar.

Spanyol semakin menambah rekor kemenangan atas Paraguay, yang pada pertandingan sebelumnya di babak penyisihan Piala Dunia 2006 Jerman, Paraguay dikalahkan Spanyol dengan skor 1-3.
Paraguay merupakan tim Amerika Latin ketiga, setelah Brasil dan Argentina yang gagal melaju ke babak semifinal pada Piala Dunia 2010 ini. Praktis tersisa hanyalah Uruguay yang berhasil menembus semifinal setelah mengalahkan Ghana melalui kemenangan 4-2 dari hasil adu penalti.

Dengan selesainya semua pertandingan di babak perempatfinal, maka nampak dominasi tim Eropa di babak semifinal yang diwakili oleh Belanda, Jerman dan Spanyol dan hanya 1 tim Amerika Latin yang diwakili oleh Uruguay.

Kembali ke pertandingan antara Paraguay kontra Spanyol.
Sebenarnya Paraguay mampu mengimbangi permainan anak-anak Spanyol yang memang lebih unggul, baik dari skill individu dan taktik yang dijalankan. Namun berbagai peluang yang tercipta, tidak mampu untuk dijadikan gol oleh para pemain Paraguay yang pada kala itu, dimotori oleh pemain jangkung Roque Santa Cruz.
Malah, melalui Xavi dan Iniesta, permainan Spanyol di lapangan tengah lebih mendominasi dan lebih kreatif dibanding Paraguay yang membuat Spanyol unggul jauh dalam ball possession, 41% berbanding 59%. Shots on goal pun mampu dibuat sebanyak 16 kali oleh Spanyol, dibanding Paraguay yang hanya mampu melakukan sebanyak 9 kali. Juga dalam shots on target, 10 kali berhasil ditembakkan oleh Spanyol dan hanya 5 kali oleh Paraguay.
Pertandingan tersebut berjalan cukup 'panas', terbukti 6 kartu kuning keluar dari saku wasit. 2 kartu kuning untuk pemain Spanyol dan 4 buah untuk Paraguay.

Pertandingan semifinal akan datang, kita tunggu lagi kejutan-kejutan yang akan disajikan di Piala Dunia 2010 ini.

Sumber image : fifa.com

Popular Posts

close
Gabung Grup Facebook Kami