Langsung ke konten utama

Maskot Piala Dunia Sepanjang Masa

Maskot Piala Dunia Sepanjang Masa

1. World Cup Willie, Inggris 1966

Maskot pertama yang pernah digunakan dalam even olahraga besar. Willie juga menjadi subyek dari lagu Piala Dunia saat itu dan penjualan merchandise yang tidak terhitung jumlahnya. Willie menggambarkan seekor singa, simbol Kerajaan Inggris, memakai kostum yang bergambar bendera Union Jack dengan tulisan "WORLD CUP" di tengahnya. Willie berhasil mendampingi Inggris menjadi juara Piala Dunia untuk pertama kalinya.

2. Juanito, Meksiko 1970
Meksiko memakai karakter seorang anak laki-laki memakai kostum Meksiko dan sombrero (topi khas penduduk Meksiko) bertuliskan World Cup 70 sebagai maskot mereka di Piala Dunia 1970. Maskot ini mempunyai nama kecil Juan, nama yang umum dipakai dalam bahasa Spanyol.

3. Tip and Tap, Jerman Barat 1974

Dua bocah laki-laki ini mewakili Jerman Barat sebagai maskot pada Piala Dunia 1974. Memakai kostum Jerman Barat dengan tulisan WM dan 74, berasal dari kata Weltmeisterschaft 74 yang memiliki arti Piala Dunia 1974. Jerman keluar sebagai juara dengan mengalahkan Belanda di final.

4. Gauchito, Argentina 1978

Kembali model anak laki-laki dijadikan maskot pada Piala Dunia 1978, entah karena populer atau para pembuatnya kehabisan ide. Tidak jauh berbeda dengan Juanito di tahun 1970, Gauchito juga memakai kostum Timnas tuan rumah, yaitu biru putih khas Argentina dengan topi bertuliskan Argentina '78. Aksesoris syal dan cambuk yang menjadi khas gauchos sangat mewakili wilayah Amerika Selatan.

5. Naranjito, Spanyol 1982
Buah Jeruk menjadi pilihan Spanyol untuk maskot mereka di Piala Dunia 1982. Buah jeruk sudah menjadi ciri khas negara ini. Maskot mereka diberi nama Naranjito yang berasal dari kata naranja yang dalam bahasa Spanyol berarti jeruk.

6. Pique, Meksiko 1986
Jika dulu memakai Juanito, maka pada 1986 cabai jalapeno menjadi pilihan Meksiko. Jalapeno merupakan bahan wajib untuk kebanyakan masakan Meksiko dengan memakai kumis dan kembali mengenakan sombrero. Nama Pique berasal dari picante, sebutan dalam bahasa Spanyol untuk paprika dan saus pedas.

7. Ciao, Italia 1990
Bentuknya terdiri dari batang-batang yang tersusun menyerupai pemain bola dengan kepala berupa bola. Dihiasi 3 warna yang mewakili negara Italia, yaitu merah, putih dan hijau. Kata Ciao adalah salam yang biasa diucapkan warga Italia.

8. Striker, United States 1994
Seekor anjing, binatang peliharaan yang populer di Amerika Serikat. Dengan memakai seragam berwarna merah, putih dan biru bertuliskan USA 94, Amerika memberi nama maskot mereka Striker.

9. Footix, Prancis 1998
Seekor ayam jantan, salah satu simbol nasional Prancis, dengan kata-kata France 98 di dadanya menjadi maskot yang mewakili Piala Dunia 1998 di Prancis. Tubuhnya sebagian besar berwarna biru seperti kostum Timnas Prancis yang juga berwarna biru. Namanya berasal dari penggabungan kata "football" dan akhiran "-ix" yang diambil dari kata Asterix, komik strip yang terkenal terbitan Prancis. Sebelumnya nama "Raffy", 'Houpi" dan "Gallik" sempat diusulkan, namun nama Footix lebih disukai karena memberi keberuntungan, terbukti Prancis keluar menjadi juara Piala DUnia setelah secara mengejutkan berhasil membantai Brazil di final.

10. Ato, Kaz and Nik (The Spheriks), Korea - Japan 2002
Mahluk hasil rekayasa komputer yang berwarna orange, ungu dan biru ini sungguh futuristik. Mereka adalah anggota tim dari "Atmoball" (olahraga sepak bola fiksi), Ato adalah pelatih sementara KAZ dan Nik adalah pemain. Tiga nama dari masing-masing karakter dipilih dari polling pengguna Internet dan di outlet McDonald di negara-negara tuan rumah.

11. Goleo VI dan Pille, Jerman 2006
Singa kembali hadir sebagai maskot di tahun 2006, mengenakan kostum Jerman dengan nomor 06 dan diberi nama Pille. Goleo adalah gabungan dari kata "goal" dan "leo", kata Latin untuk singa. Di Jerman, "Pille" adalah istilah bahasa sehari-hari untuk sepak bola.

12. Zakumi, Afrika Selatan 2010
Kini seekor leopard melanjutkan tradisi. Zakumi adalah nama dari maskot yang akan digunakan pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Arti dari nama Zakumi amat dalam yaitu persatuan Afrika Selatan. Kata "Za" merujuk kepada Afrika Selatan. Sedangkan "kumi" memiliki arti sepuluh, merujuk kepada 10 bahasa yang digunakan di negara tersebut.

Popular Posts

close
Gabung Grup Facebook Kami