Langsung ke konten utama

Muri Catat Rekor Makan Getuk Sukun Terbanyak

Muri Catat Rekor Makan Getuk Sukun Terbanyak

Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Sabtu (31/7) mencatatkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) untuk makan getuk sukun terbanyak dengan peserta 10.330 anak dalam peringatan Hari Anak Nasional (HAN).

“Rekor ini merupakan yang ke-4342. Setiap siswa di tingkat PAUD, TK dan SD makan getuk sukun bersama pada pukul 10.00 WIB,” kata Sri Widiyati, perwakilan MURI.

Dia menjelaskan, rekor tersebut dicatatkan dalam kaitan program pemerintah Republik Indonesia untuk menggalakkan produksi pangan non beras. Sebelumnya, menurut dia, Muri juga mencatat rekor makan jagung terbanyak di Gorontalo dan makan ketela terbanyak di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Sementara itu, penggagas kontes makan getuk sukun terbanyak, Hj Umy Jazilah Salim mengatakan ide untuk membuat makanan olahan berbahan sukun terbilang baru. “Ide itu lahir belum lama. Karena sifatnya mendadak, belum ada inovasi lain dari sukun. Hanya sebatas getuk,” katanya.

Namun, istri Bupati Rembang, Mochamad Salim ini yakin komoditas makanan organik berbahan sukun bisa diterima pasar. “Sedang kami siapkan makanan berbahan sukun seperti crocket sukun, perkedel sukun dan lainnya. Kami akan coba kerjasamakan dengan program PNPM mandiri untuk langkah lebih lanjut,” kata Ketua PKK Rembang ini.

Dia menambahkan, komoditas sukun tersebar di lima dari 14 kecamatan di kota ini. Kecamatan itu antara lain Sedan, Kragan, Sale, Sarang dan Bulu. “Sebagai bagian dari pemerintah, kami ingin turut serta dalam penggalakan makanan olahan non beras. Bila disepakati, bukan tidak mungkin akan kami bentuk cluster sukun. Semua masih kami diskusikan dan koordinasikan dengan SKPD terkait,” katanya.

Sebelumnya, kabupaten yang cukup terkenal sebagai kota garam ini juga pernah mencatatkan rekor serupa. Tahun 2008, Muri mencatat kontes makan kripik ikan terbanyak di kota ini. [mediaindonesia]

Popular Posts

close
Gabung Grup Facebook Kami