Langsung ke konten utama

Piala Dunia di Ambang Sejarah Baru

Piala Dunia di Ambang Sejarah Baru

Perempat final Piala Dunia 2010 telah selesai. Tiga tim Eropa dan satu wakil Amerika Selatan maju ke semifinal. Sejarah baru mungkin terjadi di turnamen ini.

Jika melihat komposisi tim di semifinal, Eropa memiliki peluang besar memenangi ajang ini. Jika salah satu dari Belanda, Jerman, maupun Spanyol menjadi kampiun, mereka akan membuat sejarah baru sebagai tim pertama dari Eropa yang memenangi gelar juara dunia di luar kontinental. Ketiganya berhasil mematahkan dominasi tim Amerika Latin di perhelatan ini. Jika dua di antaranya menjadi finalis, maka kejadian itu juga baru pertama kali terjadi di luar “Benua Biru”.

Belanda dan Spanyol barangkali menjadi tim yang paling berambisi ke final. Dua-duanya sama-sama belum pernah mencicipi predikat penguasa jagat sepak bola. Belanda masih beruntung karena dua kali lolos ke final pada 1974 dan 1978, tapi Spanyol sama sekali tak pernah lolos dari semifinal. Maka, jika salah satu dari mereka juara, gelar itu akan menjadi yang pertama bagi “Oranje” ataupun “La Roja”.

Andai Jerman menjadi juara dunia, “Die Mannschaft” akan menyamai Italia sebagai negara Eropa yang pernah menjadi juara dunia empat kali. Jerman pernah juara pada 1954 dan 1974, lalu diulangnya lagi pada 1990.

Bagaimana dengan Uruguay? Tanpa mengurangi kans mereka menjadi pemenang, juara dunia 1930 dan1950 ini bisa saja mengulang prestasi 60 tahun lalu meski jalan ke arah sana sungguh berat. Mereka harus melawan Belanda di empat besar. Meski demikian, sejauh ini “Charruas” meraih hasil bagus setiap interval 20 tahun dalam turnamen ini. Selain pada dua tahun di mana mereka menjadi juara, Uruguay juga masuk semifinal pada 1970. Pada 1990, mereka kandas di babak 16 besar, lalu kembali lagi ke semifinal pada 2010 ini. [kompas]

Popular Posts

close
Gabung Grup Facebook Kami