Langsung ke konten utama

Menu Makanan Sumber Karbohidrat,Check this Out Gan!!

Menu Makanan Sumber Karbohidrat,Check this Out Gan!!

Quote:
Karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh. Jenis asupan karbohidrat yang dikonsumsi tubuh akan menentukan kadar gula darah. Nah, ketika kenaikan kadar gula darah meninggi, akan menyebabkan tubuh cepat bereaksi terhadap pengeluaran hormon insulin dalam jumlah besar.

Sebaliknya , ketika gula darah menurun, tubuh cepat loyo. Lebih cepat lapar. Itu membuat aktifitas seseorang tidak akan maksimal, terutama ketika berpuasa.

Saat ini kebanyakan masyarakat Indonesia mengutamakan nasi putih sebagai sumber karbohidrat. Padahal, karena telah melewati banyak proses pengolahan, nasi putih tak lagi ideal untuk menjadi sumber utama karbohidrat. Bayangkan saja, kandungan nutrisi nasi putih bahkan kalah jauh dibanding singkong ataupun ubi.

Nah untuk menjaga performa, kita harus menukar sumber karbohidrat yang dikonsumsi sehari-hari (nasi putih) dengan karbohidrat kompleks. Menurut Dr Phaidon L Toruan MM, ada beberapa sumber karbohidrat yang pantas dicoba, yaitu:
1. Ubi
Spoiler for Ubi:

Makanan ini jauh lebih baik dibandingkan nasi putih. Sepotong ubi mengandung vitamin c dan beta karoten 5-6 kali lebih banyak dari nasi putih ,serta mengandung vitamin e. Satu porsi ubi rebus yang berwarna kuning emas, sekitar 200 gram, mampu menyediakan beta karoten sekitar 5400 mkg


2.Singkong
Spoiler for Singkong:

Singkong mengandung air sekitar 60 persen pati (25-35%), protein, mineral, serat,kalsium, dan fosfat. Singkong atau ubi kayu merupakan sumber energi yang lebih tinggi dibandingkan padi dan jagung. Mineral dan vitamin yang terdapat pada singkong adalah kalsium, fosfor, zat besi, vitamin b dan c, dan amilum


3.Kentang
Spoiler for Kentang:

Kandungan karbohidratnya mencapai 18 persen, protein 2,4 persen dan lemak 0,1 persen. Total energi yang diperoleh per 100 gr kentang adalah 80 kkal. Kandungan natriumnya sangat rendah, 0.4 mg/100 gr. Rendah katrium akan mengurangi terjadinya water retention(tertahannya cairan)


4.Jagung
Spoiler for Jagung:

Sekitar 70 persen biji jagung adalah karbohidrat. Total lemaknya 13 persen. Terdapat pula protein yang kaya asam amino albumin, glubolin, dan nitrogen nonprotein dengan persentase 7 persen, 5 persen dan 6 persen dari total nitrogen


5.Beras Merah
Spoiler for Beras merah:

Nilai energi yang dihasilkan beras merah di atas beras putih (349:353 kal). Selain lebih kaya protein (6,8gr:8,2gr), hal tersebut disebabkan kandungan tiaminnya yang lebih tinggi (0,12mg:0,31mg)


6.Oatmeal
Spoiler for Oatmeal:

Pilihan sumber karbohidrat yang sangat baik. Oat kaya tucotrienaol, keluarga vitamin E yang mempunyai kekuatan antioksidan lebih kuat dari alfa cocopherol, bentuk vitamin e yang paling umum. Manfaat oat yang paling terkenal adalah menurunkan lemak darah,kolesterol total dan kolesterol jahat LDL (low density lipoprotein)


7.Pasta
Spoiler for Pasta:

Jenis pasta yang sering dikonsumsi orang Indonesia adalah spaghetti,makaroni, dan lasagna. Pasta adalah sumber karbohidrat yang baik. Namun hati-hati dengan penggunaan saus. Di rumah makan,biasanya saus sangat berlemak


Data ini ane dapat dari koran gan,jadi dijamin ga repost
kalo agan tertarik, udah ISO dan bermurah hati, kasih ya
Please jangan ,tolong bantu rate thread ini

Popular Posts

close
Gabung Grup Facebook Kami