Langsung ke konten utama

Dinding Panjat Tebing Tertinggi di Dunia

 

Jika Anda suka olahraga panjat tebing mungkin bisa mencoba yang satu ini. Sebuah dinding berbentuk menara menjulang kokoh setinggi 121 kaki atau 36,8 meter menantang Anda mendakinya. Menara yang dinamai Excalibur ini berada di Groningen, Belanda.

Excalibur dibangun 2004 lalu oleh Jert Canderceen. Ide awal pembuatan dinding ini berasal dari sulitnya pendaki di Belanda menemukan tempat yang bagus. Mereka harus menyeberang ke Jerman untuk memanjat gunung sungguhan.

"Dinding ini menawarkan pengalaman unik pada yang tertarik mendaki dan tidak ingin pergi terlalu jauh," tutur seorang pekerja Excalibur, Heleen Meijburg. "Mulanya Jert berniat membangun ini untuk tujuan komersial namun juga ingin menjadikannya sebagai tempat pendakian."

Dengan ketinggian yang fantastis itu, Excalibur diklaim jauh lebih aman dibanding memanjat tebing batu sesungguhnya. Selain peralatan keamanan mumpuni, juga ditunjang lingkungan yang terkontrol. Pendaki tidak harus menghadapi batu berjatuhan atau suasana ekstrim lainnya.

"Pemandangan disini sangat datar," lanjut Heleen. "Rutenya memiliki tingkat kesulitan berbeda sehingga pendaki pemula juga bisa mencobanya. Tapi jangan berniat mencapai puncak saat pertama kali melakukan pendakian." (www.wowkeren.com)

Popular Posts

close
Gabung Grup Facebook Kami