Tempat Duduk Berjalan yang Unik Bangets

Ide yang kreatif selalu muncul untuk membuat orang terkagum-kagum.Salah satu ide kreatif berikut ini adalah membuat tempat duduk bersantai yang otomatis bisa berjalan.Seperti sebuah mobil kecil yang unik,yuk lihat bagaimana rancangannya..


[imagetag]

[imagetag]

[imagetag]

[imagetag]

[imagetag]

[imagetag]

[imagetag]

[imagetag]

[imagetag]

8 Penyiar Berita Indonesia Yang Mirip Tokoh Kartun

1. Grace Natalie (TV One) dan Rinoa Heartilly (Final Fantasy VIII)

Rinoa diklaim sebagai salah satu tokoh tercantik dalam sejarah dunia video game. Kekasih dari Squall Leonhart ini tak hanya memiliki kecantikan yang luar biasa, namun juga sangat cerdas dan memiliki kemampuan untuk bertarung melawan musuh-musuh kejam dalam dunia Final Fantasy. Kemiripan antara Grace dan Rinoa terletak pada bentuk mata dan wajahnya yang sama-sama berkarakter oriental. Jika Rinoa adalah Tokoh Game Wanita Terfavorit di abad 20, maka Grace Natalie adalah Anchor Wanita Terfavorit 2008 versi blog News Anchor Admirer.


2. Isyana Bagus Oka (RCTI) dan Higurashi Kagome (Inuyasha)

Kagome adalah tokoh utama wanita dalam serial manga berjudul Inuyasha. Dalam cerita itu, diceritakan bahwa Kagome merupakan reinkarnasi dari biksu wanita yang memiliki kekuatan untuk melindungi "Shikon No Tama" dari siluman-siluman jahat. "Shikon No Tama" sendiri adalah sebuah batu permata suci yang diyakini mampu memberikan kekuatan luar biasa bagi pemiliknya. Selain sama-sama memiliki bentuk rambut yang bergelombang, Kagome dan Isyana juga sering menampilkan ekspresi wajah yang memiliki kesan "berani" dan "pantang menyerah".


3. Cheryl Tanzil (Metro TV) dan Fa Mulan (Mulan)

Banyak ahli sejarah yang meyakini bahwa Fa Mulan adalah salah satu wanita pertama yang memperjuangkan emansipasi wanita. Sebagai wanita Cina tradisional, Mulan justru lebih memilih mengangkat senjata ke medan perang untuk menaklukkan bangsa Hun, alih-alih tinggal di rumah dan menanti calon suami. Bagi saya, Cheryl Tanzil adalah bentuk manusia dari tokoh kartun Fa Mulan. Bentuk bibir, wajah, mata, alis dan pembawaannya benar-benar sangat identik dengan tokoh kartun buatan Walt Disney tersebut.


4. Shinta Puspitasari (TV One) dan Jill Valentine (Resident Evil)

Tak banyak wanita, bahkan dalam dunia game, yang memiliki profesi seperti Jill. Jill adalah pasukan khusus tim "Umbrella Army" yang bertugas untuk mengeliminasi satu kota yang seluruh penghuninya telah berubah menjadi zombie. Dengan bersenjatakan senjata-senjata berat seperti Shotgun, Mine Thrower, Grenade Launcher, hingga Rocket Launcher; Jill tak hanya harus membunuh zombie-zombie "normal", melainkan juga zombie superkuat berukuran raksasa yang disebut Nemesis.
Belakangan ini, Shinta memilih model rambut pendek yang mirip dengan potongan rambut Jill Valentine. Selain itu, cat rambut yang dipilih Shinta (coklat gelap menjurus ke ungu) juga sangat identik dengan warna rambut Jill. Yang lebih penting, Shinta dan Jill memiliki aura "tegas", wibawa tinggi, serta tatapan mata menusuk yang bahkan mampu membuat gentar para Zombie.


5. Kania Sutisnawinata (Metro TV) dan Katara (Avatar the Legend of Aang)

Katara adalah seorang wanita dari suku kuno di kutub utara yang memiliki kemampuan sebagai Waterbender (Pengendali Air). Singkat kata, Katara mampu menggerakan air sebagai suatu alat untuk bertempur. Kemampuannya semakin berkembang sehingga akhirnya ia pun menjadi guru bagi Aang sang Avatar. Walaupun penampilan Katara dan Kania cukup jauh berbeda, namun Mrs. Kania "Supercool" Sutisnawinata memiliki pembawaan "tenang", "dingin", dan "stabil" yang mutlak diperlukan oleh seorang Waterbender. Siapa tahu Kania bahkan memiliki kemampuan untuk mengendalikan air :D


6. Indy Rahmawati (TV One) dan Eiko Carol (Final Fantasy IX)

Eiko merupakan satu-satunya "Summoner" yang tersisa dalam dunia Final Fantasy IX. "Summoner" adalah orang yang dikaruniai kemampuan khusus untuk memanggil Guardian Force (Roh Pelindung) dari dunia lain seperti Odin, Phoenix, Bahamut, Ifrit, ataupun Shiva. Yang paling mirip antara Indy dan Eiko adalah model rambutnya yang ujungnya melengkung ke depan. Selain itu, keduanya juga sama-sama lucu, imut, dan murah senyum.


7. Eva Julianti (Metro TV) dan Nico Robin (One Piece)

Tak seperti tokoh kartun wanita yang biasanya cerewet, cengeng, dan lemah; Nico Robin justru sangat cool, penuh pertimbangan dan sangat kuat. Karena telah memakan buah setan, Robin memiliki kemampuan untuk memperbanyak jumlah tangannya, memunculkan tangan-tangan itu dari dalam tanah, dan menggunakannya untuk mengalahkan musuh. Penampilan dan pembawaan Eva Julianti sangatlah mirip dengan Nico Robin, terutama saat Eva membawakan acara "Metro Realitas".


8. Rahma Sarita (TV One) dan Princess Jasmine (Aladdin)

Jasmine adalah seorang putri dari negara Arabia yang akhirnya jatuh cinta pada Aladdin. Selain memiliki wajah beraksen Arabic seperti Princess Jasmine, penampilan Rahma Sarita yang selalu berkesan anggun dan mewah membuatnya sangat layak untuk disejajarkan dengan seorang putri istana.

WANG QIANJIN : GADIS LUMPUH OTAK YANG MENULIS NOVEL DENGAN BIBIRNYA

Nama gadis ini Wang Qianjin. Umurnya baru 18 tahun Usianya masih muda 18 tahun, asal Zhenjiang, Provinsi Jiangsu, Tiongkok. Dia terlahir dengan cacat fisik lahir tanpa tangan juga menderita kelumpuhan otak (celebral palsy). Celebral palsy merupakan penyakit yang ditandai dengan terganggunya fungsi otak dan jaringan saraf yang mengendalikan gerakan, laju belajar, pendengaran, penglihatan, dan kemampuan berpikir.

The Exiles Fairy

Wang Qianjin


Qianjin tidak pernah belajar secara formal, namun ia mampu mengetik dengan bibirnya. Luar Biasa!

Wang Qianjin rajin menulis di blog. Ia menulis banyak kisah dengan nama samaran ‘The Exiles Fairy’. Karya terbarunya, kisah cinta sepanjang 200 ribu karakter yang menggambarkan perjalanan seorang gadis dari keluarga kaya yang jatuh cinta dengan seorang gangster.

Kini tulisan-tulisannya dalam blognya bakal dirilis menjadi novel oleh sebuah penerbit online untuk memublikasikannya.

Sang ayah, Wang Yunqi, tidak mengetahui bakat yang dimiliki putrinya ini hingga Qianjin akan menerbitkan novel.

9 Gaya Rambut Teraneh Lady Gaga

Lady Gaga memiliki gaya berbusana yang aneh namun mudah diingat para penggemarnya. Gayanya juga didukung oleh tata rambut yang tak kalah unik. Berikut 10 gaya rambut teraneh yang pernah dimiliki oleh penyanyi 25 tahun tersebut.

1. Kuping Tikus

sukague.com
Gaya rambut ini dipopulerkannya dalam video klip Paparazzi. Namun ia mengembangkannya menjadi dua warna saat kunjungannya ke Australia.


2. Rumput Liar
sukague.com
Tampaknya Lady Gaga sedang mengalami 'bad hair day'. Rambut pendeknya yang lepek terkena keringat terlihat seperti rumput liar.


3. Sarang Lebah atau Kue?
sukague.com
Mirip dengan rambut Amy Winehouse, namun versi miliknya memiliki dua warna yang dililit dan dihias seperti kue.


4. Kancing
sukague.com
Rambut yang terinspirasi dari kancing baju ini berbentuk bundar dan juga memiliki empat lubang di bagian tengahnya.


5. Gulali
sukague.com
Walaupun tidak terlihat lezat, tatanan rambut ala gulali ini berhasil membuat Gaga tampil seperti kue berjalan dengan busana ala pudding.


6. Petir
sukague.com
Hiasan kepala seperti petir ini terlihat seperti bagian dari rambutnya. Dikarenakan kepalanya terbungkus oleh penutup yang menyambung dengan busananya.


7. Telepon
sukague.com
Untuk video klip 'Telephone', ia menampilkan gaya rambut yang menyerupai telepon yang menempel di bagian kiri kepalanya. Gaya ini banyak ditiru dan menjadi parodi.


8. Daun Palem
sukague.com
Mirip seperti topi rotan namun sebenarnya terinspirasi dari pohon palem. Gaya rambut ini kemudian diabadikan menjadi salah satu patung lilin di museum Madame Tussaud.


9. Marge Simpson
sukague.com
Terinspirasi dari karakter Marge dari The Simpsons, Gaga menampilkan gaya rambut menjulang warna hijau dengan kacamata John Lennon.

TERNYATA PESAWAT BUATAN INDONESIA DI GUNAKAN PEMIMPIN MALAYSIA DAN BRUNAI

Sekedar meramaikan nih Gan, soal seputar pembelian pesawat kepresidenan. Bila kita harus membeli pesawat dari AS, beda dengan Malaysia dan Brunai yang malah menggunakan produksi PT Dirgantara Indonesia.

Sebelumnya baca dulu artikel dari Tribunnews
Inilah model pesawat kepresidenan RI
Komitmen pemerintah untuk menggunakan produk dalam negeri diragukan. Terbukti presiden justru memutuskan membeli pesawat kepresidenan Indonesia tipe 737-800 Boeing Business Jet 2, buatan Amerika Serikat.

Sebaliknya, pemimpin negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Brunei malah menggunakan pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia, tipe CN 235 jenis VVIP.

Selain digunakan di dua negara itu, menurut pengamat penerbangan Dudi Sudibyo, ada sekitar 500 unit pesawat CN 235 yang kini terbang di angkasa berbagai negara di seluruh dunia. Dan hal membanggakan lagi, sekitar 60% komponen yang digunakan 500 pesawat itu merupakan buatan PT Dirgantara Indonesia di Bandung.

Pemerintah terlanjur menyetujui tender pembelian untuk pesawat kepresidenan Indonesia senilai pesawat seharga 91.209.560,61 dolar AS atau setara Rp 825 miliar.

Dudi mengaku sangat miris mengomentari pembelian pesawat kepresidenan Boeing mewah buatan Amerika Serikat. "Negara lainnya saja menghargai produk Indonesia, Indonesia sendiri tidak menghargai produknya," ujar Dudi, wartawan senior dalam perbincangan dengan Tribunnews.com, Jumat (10/2/2012)

Berikut artikel dari indonesiaproud.wordpress.com

CN 235 adalah pesawat angkut jarak sedang dengan dua mesin turbo-prop. Pesawat ini dikembangkan bersama antara CASA di Spanyol and IPTN (sekarang PT Dirgantara Indonesia) sebagai pesawat terbang regional dan angkut militer. Versi militer CN-235 termasuk patroli maritim, surveillance dan angkut pasukan.

Desain & Pengembangan

CN-235 diluncurkan sebagai kerja sama antara CASA dan IPTN. Kedua perusahaan ini membentuk perusahaan Airtech company untuk menjalankan program pembuatan CN-235. Desain dan produksi dibagi rata antara kedua perusahaan. Kerja sama hanya dilakukan pada versi 10 dan 100/110. Versi-versi berikutnya dikembangankan secara terpisah oleh masing-masing perusahaan.

Desain awal CN-235 dimulai pada Januari 1980, purnarupa pesawat terbang perdana pada 11 November 1983. Sertifikasi Spanyol dan Indonesia didapat pada tanggal 20 Juni 1986. Pesawat produksi terbang pertama pada 19 August 1986. FAA type approval didapat pada tanggal 3 Desemebr 1986 sebelum akhirnya terbang pertama untuk pembeli pesawat pada tanggal 1 Maret 1988. Pada tahun 1995, CASA meluncurkan CN-235 yang diperpanjang, yaitu C-295

Versi Militernya Digunakan di Banyak Negara

Ternyata, versi militer CN 235 banyak diminati dan diekspor ke negara lain, yaitu:
* Afrika Selatan: Angkatan Udara Afrika Selatan (1)
* Amerika Serikat: Penjaga Pantai Amerika Serikat (8 HC-144)
* Arab Emirat: Angkatan Laut Persatuan Emirat Arab
* Arab Saudi: Angkatan Udara Arab Saudi
* Botswana: Angkatan Udara Botswana
* Brunei: Angkatan Udara Brunei (1)
* Chile: Angkatan Darat Chile (4 CN-235-100) satu jatuh di Antartika
* Ekuador: Angkatan Udara Ekuador
* Gabon: Angkatan Udara Gabon
* Indonesia: Angkatan Udara Indonesia (mengoperasikan CN235-100M, CN235-220M, CN235MPA)
* Irlandia: Korp Udara Irlandia (2 CN235MP)
* Kolumbia: Angkatan Udara Kolumbia
* Korea Selatan: Angkatan Udara Korea Selatan (20)
* Malaysia: Angkatan Udara Malaysia (8 CN235-220)
* Maroko: Angkatan Udara Maroko (7)
* Pakistan: Angkatan Udara Pakistan (4 CN235-220)
* Panama: Angkatan Udara Panama
* Papua New Guinea: Angkatan Udara Papua New Guinea
* Perancis: Angkatan Udara Perancis (19 CN235-100, 18 ditingkatkan menjadi CN235-200).
* Spanyol: Angkatan Udara Spanyol (20)
* Turki: Angkatan Udara Turki (50 CN235-100M); Angkatan Laut Turki (6 CN-235 ASW/ASuW MPA); Penjaga Pantai Turki (3 CN-235 MPA)
* Yordania: Angkatan Udara Yordania (2)

Disegani?

CN-235 MPA

Rupanya Australia, Singapura dan Malaysia sudah lama tahu kehebatan para insinyur Indonesia. Buktinya? Mereka sekarang sedang mencermati pengembangan lebih jauh dari CN 235 MPA (Maritime Patrol Aircraft) atau versi Militer.

Kalau para ekonom Indonesia antek-antek World Bank dan IMF menyebut pesawat buatan PT. DI ini terlalu mahal dan menyedot investasi terlalu banyak dan hanya jadi mainannya BJ Habibie lalu mengapa Korea Selatan dan Turki mengaguminya setengah mati.

Turki dan Korsel adalah pemakai setia CN 235 MPA terutama versi militer sebagai yang terbaik di kelasnya di dunia. Inovasi 40 insinyur-insinyur Indonesia pada CN 235 MPA ini adalah penambahan persenjataan lengkap seperti rudal dan teknologi radar yang dapat mendeteksi dan melumpuhkan kapal selam. Jadi kalau mengawal Ambalat cukup ditambah satu saja CN235 versi militer (disamping armada TNI AL dan pasukan Marinir yang ada) untuk mengusir kapal selam dan kapal perang Malaysia lainnya.

Robot Yang Memberi Kekuatan Tambahan Untuk Tentara

[imagetag]

[imagetag]

[imagetag]


Raytheon XOS 2 exoskeleton - YouTube

Jika HAL diciptakan untuk memberi kekuatan kepada orang yang punya keterbatasan, Raytheon XOS 2 Exoskeleton diciptakan untuk membantu para tentara Amerika di medan perang.

Sama seperti HAL, XOS 2 adalah sebuah robot yang dikenakan di tubuh seseorang yang dapat memberikan kekuatan tambahan yang cukup signifikan kepada orang tersebut.
XOS 2 ini adalah pengembangan dari seri sebelumnya dimana seri baru ini punya berat yang lebih ringan dan lebih fleksibel dibandingkan sebelumnya.

XOS 2 bisa sangat membantu dalam medan perang mulai dari membantu seorang tentara mengangkat rudal sampai mengangkat logistik lebih cepat dan efisien.

Dengan pakaian robot XOS 2 ini, tenaga yang dikeluarkan hanya sekitar 50% saja dibandingkan tanpa XOS 2 ini.
sumber

Inilah Peristiwa Yang Terjadi Di Internet Setiap 60 Detik


Apa yang terjadi jika kamu tidak terkoneksi dengan internet selama 60 detik? dan apa saja yang terupdate hanya dalam kurung waktu 1 menit tersebut? dan inilah beberapa hal yang akan kamu lewatkan hanya dalam 1 menit :
  • 1500+ postingan di blog
  • 98,000 twit terbaru
  • 12,000 iklan terbaru di craiglist(FJB Terbesar)
  • 20,000 postingan terbaru di Tumblr
  • 600 video terbaru di Youtube
  • 70 Domain Didaftarkan
  • 13,000 Aplikasi iPhone telah diunduh
  • 320 Akun Twitter terbaru
  • 100 Akun Linkedin terbaru
  • 6,600 Foto dipublish di Flickr
  • 125 Plugin WordPress terunduh
  • 50 Core WordPress terunduh
  • 79,364 Wall terkirim di Facebook
  • 695,000 Status Facebook diupdate

  • 510,040 Komentar muncul di Facebook

  • 1,700 Aplikasi Mozilla Firefox terunduh

  • 694,445 kata dicari di Google

  • 168 Juta Email terkirim

  • 60 Blog terbaru dibuat

  • 40 Pertanyaan di Yahoo answer dan 100 jawaban diberikan

  • 1,600 Orang Membaca di Scribd

  • 1 Kata terdefinisi di Urban Dictonaries

  • total 370,000 menit telepon di Skype

  • 13,000 jam musik streaming di Pandora

  • Seperti itulah yang terjadi di internet selama 60 detik, dan kamu sekarang telah tahu kenapa 1 menit begitu berharga di dunia maya.

    8 Hewan yang Dituduh Sebagai Mata-Mata..

    Seekor burung pemakan bangkai baru-baru ini “ditangkap” di Arab Saudi, dituduh sebagai mata-mata untuk agen asing Mossad Israel intelijen. Meskipun mungkin tampak seperti kejadian biasa, burung nasar ini hanyalah salah satu dari banyak binatang yang telah dituduh mata-mata.
    Dari serangga sampai tupai, binatang telah dituduh berbagai bentuk spionase selama bertahun-tahun. Seiring perkembangan teknologi, tampaknya kecenderungan ini akan terus meningkat. Apakah tuduhan ini hanya ketakutan tak beralasan atau kebenaran yang aneh ?, kami telah menyusun daftar beberapa daftar dari binatang yang digunakan sebagai mata-mata yang unik dan aneh, dan mungkin akan membuat james Bond Iri. Bagaimana menurut Anda? Apakah ini masa depan spionase, atau haruskah kita hentikan perekrutan spesies sebagai mata-mata unggul?

    Quote:
    1.Burung Nasar
    Spoiler for pic:

    Arab Saudi baru-baru ini menuduh burung nasar sebagai mata-mata setelah ditemukan membawa gelang pemancar di kaki yang dipasang ilmuwan Universitas Israel. Para peneliti beralasan bahwa penandaan itu digunakan untuk mempelajari pola migrasi.
    Quote:
    2.Kucing
    Spoiler for pic:

    Pada tahun 1960-an, CIA dilaporkan melakukan pembedahan untuk memasukkan mikrofon dan pemancar ke dalam kucing, proyek dijuluki “Acoustic Kitty.” Mantan petugas CIA Victor Marchetti mengatakan pada The Telegraph tentang proyek itu. “dengan membedah kucing, memasukkan baterai ke dalam dirinya, kabel . Ekor digunakan sebagai antena, Mereka membuat suatu keburukan.. ” Kucing kabel pertama , menurut Guardian, dilepas untuk memata-matai dan dengan hanya beberapa langkah menuju sasaran sebelum kucing tertabrak taksi. lalu CIA menyimpulkan bahwa proyek ini tidak praktis untuk mengumpulkan data – data intelijen.
    Quote:
    3.Tupai
    Spoiler for pic:

    Polisi Iran dilaporkan menangkap 14 tupai atas dugaan mata-mata pada tahun 2007. Menurut Mental Floss, badan intelijen asing menemukan bahwa tupai telah dilengkapi dengan peralatan untuk menguping. ” Sementara itu, sumber Luar Negeri melaporkan kepada Sky News bahwa “cerita ini adalah konyol.”
    Quote:
    4.Merpati
    Spoiler for pic:
    Iran mengklaim telah menemukan “merpati mata-mata” di dekat fasilitas nuklir pada tahun 2008. Tuduhan ini bukan yang pertama dari jenisnya. Menurut Wired, merpati pembawa kamera mungkin telah ada sejak tahun 1903, ketika seorang insinyur Jerman bereksperimen dengan ide tersebut. Merpati telah memainkan peran yang begitu kuat dalam masa perang saya bahwa, seekor merpati Cher Ami, memenangkan medali karena menyelamatkan nyawa tentara AS selama Perang Dunia I. Dan bagaimana merpati mata-mata ini bisa dilumpuhkan ? Dalam Dunia Perang Dunia ke-II, Inggris menggunakan dua Elang dr luar negeri untuk mencegat merpati mata-mata Jerman, dan beberapa keberhasilan yang dilaporkan.
    Quote:
    5.Singa laut dan Lumba-Lumba
    Spoiler for pic:

    Angkatan Laut AS telah merekrut singa laut dan lumba-lumba untuk Marine Mammal Program. Tampaknya militer tidak diilhami oleh ironi perekrutan “Navy Seal,” tetapi lebih memilih hewan-hewan ini karena kemampuan mereka untuk mendengar dan melihat di bawah air dengan cahaya rendah. Jadi, mamalia telah dilatih untuk menyapu untuk tambang, membawa kamera, dan bahkan manset tersangka di bawah air. Kelompok Penyayang Binatang keberatan menggunakan hewan-hewan ini dalam pertempuran. “Perang adalah untuk manusia saat orang-orang dan partai politik dapat memutuskan perang diperlukan, hewan tidak bisa,” kata Dawn Carr Masyarakat untuk Perlakuan Etis Hewan pada BBC.
    Quote:
    6.Elang
    Spoiler for pic:

    Elang dicurigai menjadi mata-mata setelah para pejabat India menemukan burung membawa apa yang tampak seperti Perlengkapan untuk pengawasan berteknologi tinggi. Menurut BBC, India awalnya menduga ini ulah elang mata-mata dari Pakistan, seorang perwira polisi senior menjelaskan, dia menyatakan bahwa burung-burung itu hanya digunakan untuk membantu dengan ekspedisi berburu. engan kata lain, kelompok Elang ini memata-matai, tetapi pada burung lain, bukan pada orang.
    Quote:
    7.Serangga
    Spoiler for pic:

    Para ilmuwan dilaporkan bereksperimen dengan serangga untuk pengintaian. Telegraph menjelaskan bahwa elektroda, baterai, dan kamera video sedang dipasang ke serangga. US Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) dapat bekerja untuk memasukkan otak dengan pemancar ke dalam ngengat dan kumbang saat masih kepompong. Hal ini diyakini bahwa makhluk yang secara alami akan menggabungkan implan ke dalam tubuh mereka ketika mereka berkembang.
    Quote:
    8.Ayam
    Spoiler for pic:

    Mungkin ironisnya dijuluki Operasi “KFC,” adalah singkatan dari Kuwaiti Field Chicken, saat tentara AS berencana untuk menggunakan ayam selama pertempuran,BBC melaporkan. Rencananya adalah ayam akan digunakan untuk mendeteksi gas beracun, tapi 41 hewan meninggal karena penyakit di Teluk dalam selang 1 minggu setalah didatangkan.Tampaknya bahwa Kolonel Sanders masih bisa menggunakan nama KFC untuk dirinya sendiri.

    10 Teknologi Tinggi Milik Nenek Moyang Bangsa Indonesia

    Teknologi Kuno Bangsa Indonesia yang Canggih - Di zaman dahulu kala, para nenek moyang kita sudah menemukan banyak penemuan yang terbilang canggih. Tetapi sayang sekali banyak orang Indonesia sendiri tidak menyadarinya. Kali ini Indonesiatop.blogspot akan menulis beberapa teknologi kuno nenek moyang Indonesia.


    1. Borobudur: bukti kecanggihan teknologi dan arsitektur
    Borobudur adalah candi yang diperkirakan mulai dibangun sekitar 824 M oleh Raja Mataram bernama Samaratungga dari wangsa Syailendra. Borobudur merupakan bangunan candi yang sangat megah.


    Tidak dapat dibayangkan bagaimana nenek moyang kita membangun Borobudur yang demikian berat dapat berdiri kokoh dengan tanpa perlu memakukan ratusan paku bumi untuk mengokohkan pondasinya, tak terbayangkan pula bagaimana batu-batu yang membentuk Borobudur itu dibentuk dan diangkut ke area pembangunan di atas bukit.
    Bahkan dengan kecanggihan yang ada pada masa kini, sulit membangun sebuah candi yang mampu menyamai candi Borobudur. Borobudur juga mengadopsi Konsep Fraktal.
    Fraktal adalah bentuk geometris yang memiliki elemen-elemen yang mirip dengan bentuknya secara keseluruhan.
    Candi borobudur sendiri adalah stupa raksasa yang di dalamnya terdiri dari stupa-stupa lain yang lebih kecil. Terus hingga ketidakberhinggaan. Sungguh mengagumkan nenek moyang kita sudah memiliki pengetahuan seperti itu. Bangunan Candi Borobudur benar-benar bangunan yang luar biasa.




    2. Kapal Jung Jawa: Teknologi kapal raksasa
    Jauh sebelum Cheng Ho dan Columbus, para penjelajah laut Nusantara sudah melintasi sepertiga bola dunia. Meskipun sejak 500 tahun sebelum Masehi orang-orang China sudah mengembangkan beragam jenis kapal dalam berbagai ukuran, hingga abad VII kecil sekali peran kapal China dalam pelayaran laut lepas.
    Dalam catatan perjalanan keagamaan I-Tsing (671-695 M) dari Kanton ke Perguruan Nalanda di India Selatan disebutkan bahwa ia menggunakan kapal Sriwijaya, negeri yang ketika itu menguasai lalu lintas pelayaran di ”Laut Selatan”.
    Pelaut Portugis yang menjelajahi samudera pada pertengahan abad ke-16 Diego de Couto dalam buku Da Asia, terbit tahun 1645 menyebutkan, orang Jawa lebih dulu berlayar sampai ke Tanjung Harapan, Afrika, dan Madagaskar.


    Ia mendapati penduduk Tanjung Harapan awal abad ke-16 berkulit cokelat seperti orang Jawa. 'Mereka mengaku keturunan Jawa,' kata Couto, sebagaimana dikutip Anthony Reid dalam buku Sejarah Modern Awal Asia Tenggara.


    Berdasarkan relief kapal di Candi Borobudur membuktikan bahwa sejak dulu nenek moyang kita telah menguasai teknik pembuatan kapal. Kapal Borobudur telah memainkan peran utama dalam segala hal dalam bahasa Jawa pelayaran, selama ratusan ratus tahun sebelum abad ke-13.


    Memasuki abad ke-8 awal, kapal Borobudur digeser oleh Jung besar Jawa, dengan tiga atau empat layar sebagai Jung. Kata 'Jung' digunakan pertama kali dalam perjalanan biksu Odrico jurnal, Jonhan de Marignolli, dan Ibn Battuta berlayar ke Nusantara, awal abad ke-14.
    Mereka memuji kehebatan kapal Jawa raksasa sebagai penguasa laut Asia Tenggara. Teknologi pembuatan Jung tak jauh berbeda dari karya kapal Borobudur; seluruh badan kapal dibangun tanpa menggunakan paku.


    Disebutkan, jung Nusantara memiliki empat tiang layar, terbuat dari papan berlapis empat serta mampu menahan tembakan meriam kapal-kapal Portugis.


    Bobot jung rata-rata sekitar 600 ton, melebihi kapal perang Portugis. Jung terbesar dari Kerajaan Demak bobotnya mencapai 1.000 ton yang digunakan sebagai pengangkut pasukan Nusantara untuk menyerang armada Portugis di Malaka pada 1513. Bisa dikatakan, kapal jung Nusantara ini disandingkan dengan kapal induk di era modern sekarang ini.


    3. Keris: kecanggihan teknologi penempaan logam
    Teknologi logam sudah lama berkembang sejak awal masehi di nusantara. Para empu sudah mengenal berbagai kualitas kekerasan logam. Keris memiliki teknologi penempaan besi yang luar biasa untuk ukuran masyarakat di masa lampau.


    Keris dibuat dengan teknik penempaan, bukan dicor. Teknik penempaan disertai pelipatan berguna untuk mencari kemurniaan besi, yang mana pada waktu itu bahan-bahan besi masih komposit dengan materi-materi alam lainnya.


    Keris yang mulanya dari lembaran besi yang dilipat-lipat hingga kadang sampai ribuan kali lipatan sepertinya akan tetap senilai dengan prosesnya yang unik, menarik dan sulit. Perkembangan teknologi tempa tersebut mampu menciptakan satu teknik tempa Tosan Aji ( Tosan = besi, Aji = berharga).


    Pemilihan akan batu meteorit yang mengandung unsur titanium sebagai bahan keris, juga merupakan penemuan nenek moyang kita yang mengagumkan. Titanium lebih dikenal sebagai bahan terbaik untuk membuat keris karena sifatnya ringan namun sangat kuat.


    Kesulitan dalam membuat keris dari bahan titanium adalah titik leburnya yang mencapai 60 ribu derajat celcius, jauh dari titik lebur besi, baja atau nikel yang berkisar 10 ribu derajat celcius.


    Titanium ternyata memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis unsur logam lainnya. Unsur titanium itu keras, kuat, ringan, tahan panas, dan juga tahan karat.


    Unsur logam titanium baru ditemukan sebagai unsur logam mandiri pada sekitar tahun 1940, dan logam yang kekerasannya melebihi baja namun jauh lebih ringan dari besi. Dalam peradaban modern sekarang, titanium dimanfaatkan orang untuk membuat pelapis hidung pesawat angkasa luar, serta ujung roket dan peluru kendali antar benua.




    4. Benteng Keraton Buton: Arsitektur bangunan untuk pertahanan
    Di Buton, Sulawesi Tenggara ada Benteng yang dibangun di atas bukit seluas kurang lebih 20,7 hektar. Benteng yang merupakan bekas ibukota Kesultanan Buton ini memiliki bentuk arsitek yang cukup unik, terbuat dari batu kapur.


    Benteng yang berbentuk lingkaran ini memiliki panjang keliling 2.740 meter. Benteng ini memiliki 12 pintu gerbang dan 16 pos jaga / kubu pertahanan (bastion) yang dalam bahasa setempat disebut baluara.


    Tiap pintu gerbang (lawa) dan baluara dikawal 4-6 meriam. Jumlah meriam seluruhnya 52 buah. Pada pojok kanan sebelah selatan terdapat godana-oba (gudang mesiu) dan gudang peluru di sebelah kiri.


    Letaknya pada puncak bukit yang cukup tinggi dengan lereng yang cukup terjal memungkinkan tempat ini sebagai tempat pertahanan terbaik di zamannya. Benteng ini menunjukkan betapa hebatnya ahli bangunan nenek moyang kita dalam membuat teknologi bangunan untuk pertahanan.


    5. Si Gale gale: Teknologi Robot tradisional Nusantara
    Orang Toba Batak Sumatra utara pada zaman dahulu sudah bisa membuat robot tradisional yang dikenal dengan sebutan si gale-gale. Boneka ini menguasai sistem kompleks tali yang dibuat sedemikian rupa. Melalui tali yang ditarik ulur inilah boneka itu dapat membungkuk dan menggerakan “tangannya” sebagai mana layaknya orang menari.


    Menurut cerita, Seorang Raja dari Suku Karo di Samosir membuat patung dari kayu untuk mengenang anak satu-satunya yang meninggal dunia. Patung kayu tersebut dapat menari-nari yang digerakkan oleh beberapa orang. Sigale - gale dimainkan dengan iringan musik tradisional khas Batak.


    Boneka yang tingginya mencapai satu setengah meter tersebut diberi kostum tradisional Batak. Bahkan semua gerak-geriknya yang muncul selama pertunjukan menciptakan kesan-kesan dari contoh model manusia.


    Kepalanya bisa diputar ke samping kanan dan kiri, mata dan lidahnya dapat bergerak, kedua tangan bergerak seperti tangan-tangan manusia yang menari serta dapat menurunkan badannya lebih rendah seperti jongkok waktu menari.


    Si gale-gale merupakan bukti bahwa nenek moyang kita sudah dapat membuat boneka mekanikal atau robot walau dalam bentuk yang sederhana. Robot tersebut diciptakan untuk dapat meniru gerakan manusia.


    6. Pengindelan Danau Tasikardi, Banten : Kecanggihan Teknologi Penjernihan Air
    Nenek moyang kita ternyata sudah mengembangkan teknologi penyaringan air bersih. Sekitar abad ke16-17 Kesultanan Banten telah membangun Bangunan penjernih air untuk menyaring air yang berasal dari Waduk Tasikardi ke Keraton Surosowan.


    Proses penjernihannya tergolong sudah maju. Sebelum masuk ke Surosowan, air yang kotor dan keruh dari Tasik Ardi disalurkan dan disaring melalui tiga bangunan bernama Pengindelan Putih, Abang, dan Emas.


    Di tiap pengindelan ini, air diproses dengan mengendapkan dan menyaring kotoran. Air selanjutnya mengalir ke Surosowan lewat serangkaian pipa panjang yang terbuat dari tanah liat dengan diameter kurang lebih 40 cm.


    Terlihat sekali bahwa pada masa tersebut sudah mampu menguasai teknologi pengolahan air keruh menjadi air layak pakai.


    Danau Tasik Ardi sendiri merupakan danau buatan. Sebagai situs sejarah, keberadaan danau ini adalah bukti kegemilangan peradaban Kesultanan Banten pada masa lalu.


    Untuk ukuran saat itu, membuat waduk atau danau buatan untuk mengairi areal pertanian dan memenuhi kebutuhan pasokan air bagi penduduk merupakan terobosan yang cemerlang.




    7. Karinding: Teknologi pengusir hama dengan gelombang suara
    Ternyata nenek moyang dan leluhur kita mempunyai suatu alat musik tiup tradisional yang berfungsi sebagai hiburan sekaligus pengusir hama.


    Alat musik dari Sunda ini terbuat dari pelepah kawung atau bambu berukuran 20 x 1 cm yang dipotong menjadi tiga bagian yaitu bagian jarum tempat keluarnya nada (disebut cecet ucing atau ekor kucing), pembatas jarum, dan bagian ujung yang disebut panenggeul (pemukul).


    Jika bagian panenggeul dipukul, maka bagian jarum akan bergetar dan ketika dirapatkan ke rongga mulut, maka akan menghasilkan bunyi yang khas.


    Alat ini bukan cuma untuk menghibur tapi juga ternyata berfungsi mengusir hama di kebun atau di ladang pertanian. Suara yang dihasilkan oleh karinding ternyata menghasilkan gelombang low decibel yang menyakitkan hama sehingga mereka menjauhi ladang pertanian.


    Frekuensi suara yang dikeluarkan oleh alat musik tersebut menyakitkan bagi hama tersebut, atau bisa dikatakan frekuensi suaranya melebihi dari rentang frekuensi suara hama tersebut, sehingga hama tersebut akan panik dan terganggu konsentrasinya.


    Kecanggihan Karinding sebagai bukti bahwa nenek moyang kita sejak dulu sudah mampu menciptakan alat yang menghasilkan gelombang suara. Ini adalah alat mengusir hama yang aman bagi lingkungan. Dibutuhkan perhitungan yang teliti untuk menciptakan alat musik seperti itu.


    8. Rumah Gadang: Arsitektur Rumah Aman Gempa
    Para nenek moyang orang Minang ternyata berpikiran futuristik alias jauh maju melampaui zamannya dalam membangun rumah. Konstruksi rumah gadang ternyata telah dirancang untuk menahan gempuran gempa bumi.


    Rumah gadang di Sumatera Barat membuktikan ketangguhan rekayasa konstruksi yang memiliki daya lentur dan soliditas saat terjadi guncangan gempa hingga berkekuatan di atas 8 skala richter.


    Bentuk rumah gadang membuat Rumah Gadang tetap stabil menerima guncangan dari bumi. Getaran yang datang dari tanah terhadap bangunan terdistribusi ke semua bangunan.


    Rumah gadang tidak menggunakan paku sebagai pengikat, tetapi berupa pasak sebagai sambungan membuat bangunan memiliki sifat sangat lentur.


    Selain itu kaki atau tiang bangunan bagian bawah tidak pernah menyentuh bumi atau tanah. Tapak tiang dialas dengan batu sandi.


    Batu ini berfungsi sebagai peredam getaran gelombang dari tanah, sehingga tidak mempengaruhi bangunan di atasnya. Kalau ada getaran gempa bumi, Rumah Gadang hanya akan berayun atau bergoyang mengikuti gelombang yang ditimbulkan getaran tersebut


    Darmansyah, ahli konstruksi dari Lembaga Penanggulangan Bencana Alam, Sumatera Barat menyebutkan, dari sisi ilmu konstruksi bangunan rumah gadang jauh lebih maju setidaknya 300 tahun dibanding konstruksi yang ada di dunia pada zamannya.




    9. Tempe: Pemanfaatan bioteknologi untuk makanan
    Tempe merupakan hasil bioteknologi sederhana khas Indonesia. Nenek moyang bangsa Indonesia telah menggunakan Rhizopus untuk membuat tempe dari kedelai. Semua ini adalah penggunaan mikroba atau mikroorganisme pada tingkat sel untuk tujuan pangan.


    Sebenarnya mengolah kedelai dengan ragi juga dilakukan di negara lain seperti China, Jepang, India, dll. Tetapi yang menggunakan Rhizopus hanya di Indonesia saja. Jadi kemampuan membuat tempe kedelai adalah penemuan orang Indonesia.


    Tempe sudah dikenal sejak berabad-abad lalu di Nusantara. Dalam bab 3 dan bab 12 manuskrip Serat Centhini dengan seting Jawa abad ke-16 telah ditemukan kata 'tempe'.


    Kini, tempe sudah merambah manca negara, tidak saja karena rasa dan aromanya, namun juga karena kandungan gizinya. Penemuan tempe adalah sumbangan nenek moyang kita pada seni masak dunia.




    10. Pranata Mangsa: Sistem penanggalan musim bukti kepandaian ilmu astronomi nenek moyang kita
    Seperti kebudayaan-kebudayaan lain di dunia, masyarakat asli Indonesia sudah sejak lama menaruh perhatian pada langit. Pengamatan langit digunakan dalam pertanian dan pelayaran.


    Dalam masyarakat Jawa dikenal pranatamangsa, yaitu peramalan musim berdasarkan gejala-gejala alam, dan umumnya berhubungan dengan tata letak bintang di langit.


    Menurut Daldjoeni di bukunya 'Penanggalan Pertanian Jawa Pranata Mangsa', Pranata Mangsa tergolong penemuan brilian. Kompleksitasnya tak kalah bobot dari sistem penanggalan yang ditemukan bangsa Mesir Kuno, China, Maya, dan Burma. Lebih-lebih jika dibandingkan dengan model Farming Almanac ala Amerika, Pranata Mangsa jauh lebih maju.


    Meskipun teknologi sudah semakin canggih seperti sekarang ini, penerapan perhitungan pranata mangsa masih relevan. Hal itu dikarenakan nenek moyang kita dulu mempelajari gejala-gejala alam seperti musim hujan/kemarau, musim tanaman berbunga/berbuah, posisi rasi bintang, pengaruh bulan purnama, dan sebagainya. Dengan mempelajari gejala-gejala alam tersebut nenek moyang kita dapat lebih menghargai kelestarian alam.


    Sebenarnya masih banyak teknologi-teknologi yang digunakan nenek moyang kita yang tidak dituliskan disini.


    Dari penemuan-penemuan itu sebenarnya sejak dulu bangsa Indonesia sudah mampu menguasai teknologi canggih di zamannya maka tidak pantas lah bila kita menyombongkan diri sebagai generasi sekarang bila kita tidak menghargai dan mengapresiasi leluhur kita.


    Nenek moyang kita telah berhasil membangun candi-candi yang sangat indah arsitekturnya dan bertahan ratusan tahun.


    Nenek moyang kita juga membangun armada laut yang telah mengarungi samudra luas.


    Nenek moyang kita juga telah menemukan benda-benda yang tebilang sederhana tapi banyak manfaatnya.


    Itu semua bukti bahwa nenek moyang kita sangat cerdas. Penjajahlah yang telah membuat kita lemah dan kurang percaya diri. Karena itu, setelah menjadi bangsa yang merdeka kita harus dapat bangkit kembali untuk mensejajarkan diri dengan bangsa lain yang telah maju.