SEJARAH PERUMUSAN PANCASILA bangsa Indonesia





Sejarah perumusan Pancasila ini berawal dari pemberian janji kemerdekaan di kemudian hari kepada bangsa Indonesia oleh Perdana Menteri Jepang saat itu, Kuniaki Koiso (國昭 小磯 atau 国昭 小磯) pada tanggal 7 September 1944. Lalu, pemerintah Jepang membentuk BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) pada tanggal 1 Maret 1945 (2605, tahun Showa 20) yang bertujuan untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan tata pemerintahan Indonesia Merdeka.



Organisasi yang beranggotakan 74 orang (67 orang Indonesia, 7 orang Jepang) ini mengadakan sidang pertamanya pada tanggal 29 Mei 1945 - 1 Juni 1945 untuk merumuskan falsafah dasar negara bagi negara Indonesia. Selama tiga hari itu tiga orang, yaitu, Muhammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno, menyumbangkan pemikiran mereka bagi dasar negara Indonesia.



Dalam pidato singkatnya hari pertama, Muhammad Yamin mengemukakan 5 asas bagi negara Indonesia Merdeka, yaitu kebangsaan, kemanusiaan, ketuhanan, kerakyatan, dan kesejahteraan rakyat. Soepomo pada hari kedua juga mengusulkan 5 asas, yaitu persatuan, kekeluargaan, mufakat dan demokrasi, musyawarah, dan keadilan sosial. Pada hari ketiga, Soekarno mengusulkan juga 5 asas. Kelima asas itu, kebangsaan Indonesia, internasionalisme atau perikemanusiaan, persatuan dan kesatuan, kesejahteraan sosial, dan ketuhanan yang Maha Esa, yang pada akhir pidatonya Soekarno menambahkan bahwa kelima asas tersebut merupakan satu kesatuan utuh yang disebut dengan Pancasila, diterima dengan baik oleh peserta sidang. Oleh karena itu, tanggal 1 Juni 1945 diketahui sebagai hari lahirnya pancasila.



Pada tanggal 17 Agustus 1945, setelah upacara proklamasi kemerdekaan, datang berberapa utusan dari wilayah Indonesia Bagian Timur. Berberapa utusan tersebut adalah sebagai berikut:



Sam Ratulangi, wakil dari Sulawesi
Tadjoedin Noor dan Ir. Pangeran Noor, wakil dari Kalimantan
I Ketut Pudja, wakil dari Nusa Tenggara
Latu Harhary, wakil dari Maluku.
Mereka semua berkeberatan dan mengemukakan pendapat tentang bagian kalimat dalam rancangan Pembukaan UUD yang juga merupakan sila pertama Pancasila sebelumnya, yang berbunyi, "Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya".

Pada Sidang PPKI I, yaitu pada tanggal 18 Agustus 1945, Hatta lalu mengusulkan mengubah tujuh kata tersebut menjadi "Ketuhanan Yang Maha Esa". Pengubahan kalimat ini telah dikonsultasikan sebelumnya oleh Hatta dengan 4 orang tokoh Islam, yaitu Kasman Singodimejo, Wahid Hasyim, Ki Bagus Hadikusumo, dan Teuku M. Hasan. Mereka menyetujui perubahan kalimat tersebut demi persatuan dan kesatuan bangsa. Dan akhirnya bersamaan dengan penetapan rancangan pembukaan dan batang tubuh UUD 1945 pada Sidang PPKI I tanggal 18 Agustus 1945 Pancasila pun ditetapkan sebagai dasar negara Indonesia.

INILAH 10 HAL PALING ANEH dan misterius yang terjadi DI LUAR ANGKASA

Inilah Sepuluh Hal paling aneh dan Paling Misterius di luar angkasa hypervelocity star

10. Hypervelocity Bintang
Jika Anda pernah menatap langit malam, Anda mungkin berharap pada bintang jatuh (yang benar-benar meteor).

Tapi memang ada bintang jatuh, dan mereka sangat langka yang terjadi hanya sekali dalam 100 juta tahun.
Pada tahun 2005, para astronom menemukan hypervelocity "pertama" bintang meluncur keluar dari galaksi hampir 530 mil per detik (10 kali lebih cepat dibandingkan dengan gerakan bintang biasa).

black holes


9. Black Holes
bicara soal black holes, adakah yang lebih menarik?
Di luar perbatasan gravitasi lubang hitam tidak peduli apapun maupun cahaya tidak dapat melarikan diri. Astrofisikawan berpikir penyebab black holes yaitu meledaknya bintang mati, sekitar tiga sampai 20 kali massa Matahari dapat membentuk obyek-obyek aneh. Di pusat galaksi, lubang hitam sekitar 10.000 hingga 18 milyar kali lebih berat dari matahari diperkirakan ada, yang dapat dengan melahap gas, debu, bintang-bintang dan lubang hitam kecil.

magnetars


8.Magnetars
Matahari berputar sekitar sekali setiap 25 hari, secara bertahap merusak bentuk medan magnet nya.
Yah, bayangkan sebuah bintang sekarat berat daripada matahari runtuh menjadi segumpal materi hanya belasan mil dengan diameter.
Seperti balerina berputar menarik lengan ke dalam nya, perubahan dalam ukuran bintang neutron berputar - dan dengan medan magnet - di luar kendali.
Perhitungan menunjukkan benda-benda memiliki medan magnet sementara sekitar satu juta milyar kali lebih kuat daripada Bumi. Itu cukup kuat untuk menghancurkan kartu kredit Anda dari ratusan ribu mil jauhnya, dan merusak atom ke dalam silinder ultra-tipis.

neutrinos


7.Neutrinos
Mengeluarkan uang receh dari saku Anda dan tahan untuk beberapa detik ... coba tebak? Sekitar 150 miliar kecil, hampir partikel tak bermassa yang disebut neutrino saja melewatinya seakan tidak pernah ada.
Para ilmuwan telah menemukan bahwa mereka berasal dari bintang-bintang (hidup atau meledak), bahan nuklir dan dari Big Bang. Partikel-partikel dasar datang dalam tiga jenis.
Karena kadang-kadang neutrino berinteraksi dengan "materi normal" seperti air dan minyak mineral, ilmuwan berharap mereka dapat menggunakannya sebagai teleskop revolusioner untuk melihat bagian luar alam semesta tertutup oleh debu dan gas.

dark matter


6.Dark matter
Semua galaksi, bintang, planet, komet, asteroid, debu, gas dan partikel hanya 4 persen dari alam semesta. Sebagian besar dari apa yang kita sebut "masalah" - sekitar 23 persen dari alam semesta - tidak terlihat oleh mata manusia dan instrumen.
Untuk saat ini.
Para ilmuwan bisa melihat gravitasi dark matter menarik tentang bintang dan galaksi, tetapi masih mencari cara untuk mendeteksinya. Mereka berpikir partikel mirip dengan neutrino namun jauh lebih besar...dark matter terlihat misterius.

dark energy


5.dark energy
energi gelap adalah bagian yang berukuran 73 persen dari alam semesta. Tampaknya meliputi seluruh ruang dan mendorong galaksi jauh dan lebih jauh dari satu sama lain dengan kecepatan yang sangat cepat.
Beberapa kosmolog berpikir ekspansi ini akan meninggalkan galaksi Bima Sakti sebagai pulau alam semesta "" dalam sekitar beberapa triliun tahun tanpa terlihat oleh galaksi lain.
Lainnya berpikir tingkat ekspansi akan menjadi begitu besar sehingga akan menghasilkan "Big Rip." Dalam skenario ini, kekuatan energi gelap membongkar gravitasi bintang dan planet,membuat bersatu partikel, molekul-molekul dalam partikel-partikel, dan akhirnya atom dan partikel sub-atomik. Syukurlah, mungkin manusia tidak akan ada di sekitar untuk menjadi saksi bencana.

planet


4.planet
Mungkin terdengar aneh karena kita hidup di planet, tetapi planet adalah salah satu benda misterius dari alam semesta.
Sejauh ini, teori tidak sepenuhnya bisa menjelaskan bagaimana gas dan debu di sekitar bintang pembentukan planet - khususnya yang berbatu.
Tidak membuat masalah lebih mudah adalah kenyataan bahwa sebagian besar planet yang tersembunyi di bawah permukaannya. peralatan canggih dapat menawarkan petunjuk dari apa yang ada di bawah, tapi setelah melakukan eksplorasi hanya beberapa planet yang ada di tata surya.
Hanya pada tahun 1999 adalah planet pertama di luar lingkungan langit kita terdeteksi, dan pada bulan November 2008 gambar planet ekstrasurya pertama bonafide diambil.

gravity


3.gravity
Kekuatan yang membantu bintang-bintang menyala, planet tetap bersama dan orbit benda-benda adalah salah satu yang paling penting di alam semesta
Para ilmuwan telah menyempurnakan hampir setiap persamaan dan model untuk menjelaskan dan memprediksi gravitasi, namun sumbernya dalam hal tetap menjadi misteri.
Beberapa berpikir partikel sangat kecil yang disebut gravitons memancarkan kekuatan, tapi mereka tidak pernah bisa dideteksi sehingga masih dipertanyakan.

life


2. Life
Materi dan energi berlimpah-limpah di alam semesta, tapi hanya di beberapa tempat terdapat gulungan dadu kosmik yang sempurna cukup untuk menghasilkan kehidupan.
Bahan dasar dan kondisi yang diperlukan untuk ini fenomena aneh lebih baik dipahami dari sebelumnya, berkat akses yang berlimpah bagi kehidupan di Bumi.
Tapi resep yang tepat - atau resep dari unsur-unsur dasar karbon, hidrogen, nitrogen, oksigen, fosfor dan belerang untuk organisme adalah sebuah misteri yang berlaku.
Para ilmuwan mencari daerah baru di tata surya di mana kehidupan bisa tumbuh (atau masih mungkin, seperti di bawah permukaan bulan berair), dengan harapan tiba di sebuah teori yang menarik bagi asal-usul kehidupan.

universe


1. The Universe
Sumber energi, materi dan alam semesta itu sendiri adalah misteri akhir, baik, alam semesta.
Berdasarkan pencarian disebutkan bahwa latar belakang terjadinya alam semesta adalah adanya gelombang mikro kosmik (dan bukti lain), para ilmuwan berpikir bahwa alam terbentuk dari "Big Bang" - sebuah ekspansi yang mengandung energi , ultra-panas ultra-padat.
Menggambarkan waktu sebelum acara tersebut, Namun, mungkin mustahil.
Namun, pencarian adanya partikel atom yang terbentuk tak lama setelah Big Bang dapat memberikan penerangan baru tentang eksistensi misterius alam semesta - dan membuatnya sedikit lebih aneh dari saat ini.

INILAH 5 BANK TERTUA yang ada DI DUNIA

Bank of New York (sekarang Bank of New York Mellon)

New York, New York (Didirikan 1784)
5 Bank Tertua Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

Ini dimulai dengan siaran pers di New York paket, mengumumkan rencana untuk membentuk New York bank pertama pada tahun 1784. Alexander Hamilton, seorang pengacara dihormati pada waktu itu, merancang konstitusi bank dan memimpin Bank of New York melalui pembentukan dan awal tahun. Delapan tahun kemudian, itu adalah perusahaan pertama yang akan diperdagangkan secara publik ketika New York Stock Exchange dibuka pada tahun 1792. Ada juga yang berlimpah sejarah di balik Mellon Financial Corporation dating kembali ke Revolusi Industri, yang bergabung dengan Bank di New York pada tahun 2007 menjadi Bank of New York Mellon. Hari ini, itu adalah bank tertua di Amerika Serikat, dan mereka mendapatkan untuk memiliki Satu Wall Street sebagai alamat mereka untuk membuktikannya.

Bank of Scotland (sekarang Halifax Bank of Scotland)

Edinburgh, Skotlandia (Didirikan 1695)

5 Bank Tertua Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]
Walaupun konsep mata uang dan catatan bank tidak selalu baru bagi Skotlandia pada abad ke-17, Bank of Scotland adalah yang pertama untuk mencetak mata uang kertas sendiri. Lebih jauh lagi, itu adalah unik dalam arti bahwa ia didirikan untuk membantu bisnis, sedangkan Bank of England, yang didirikan satu tahun sebelumnya, ada terutama untuk membiayai belanja pertahanan pemerintah. Awal, itu menghadapi persaingan sengit dari Royal Bank of Scotland, dan dalam satu kasus, RBS (yang "baru" bank) mulai penimbunan catatan bank yang dikeluarkan oleh Bank of Scotland (Lama Bank) dalam rangka untuk menghadirkan mereka sekaligus, memaksa Bank of Scotland tua untuk memanggil mereka dan berhenti pembayaran pinjaman selama enam bulan.Ini tidak tenggelam mereka meskipun, dan tahan lama bank ini tetap sebagai satu-satunya lembaga komersial yang ada dibuat oleh Parlemen Skotlandia. Bank of Scotland bergabung dengan Bank Halifax menjadi HBOS pada tahun 2001.

C. Hoare & Co

London, Inggris (Didirikan 1672)

5 Bank Tertua Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

Sebelum berjumlah jalan modern, tanda-tanda yang digunakan orang untuk mencari sebuah toko, dan Sir Richard Hoare tidak bisa memilih simbol yang jauh lebih baik daripada Sign Emas Botol, seperti botol emas merupakan tanda mewah dan kekayaan yang biasa digunakan oleh pandai emas yang prekursor untuk membentuk sistem perbankan yang lebih modern dan mata uang kertas. Untuk diperhatikan adalah kenyataan bahwa bangunan mereka dievakuasi selama Perang Dunia II dan diselamatkan dari api oleh beberapa karyawan berani. Selain itu, bank masih sepenuhnya milik keluarga dan dikelola oleh keturunan langsung dari Sir Richard Hoare.

Berenberg Bank

Hamburg, Jerman (Didirikan 1590)

5 Bank Tertua Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]
Dibentuk pada tahun 1590 oleh Hans dan Paul Berenberg, dua saudara laki-laki yang mengelola sebuah kain perdagangan dan impor / ekspor bisnis, perusahaan ini sangat beruntung bisa tumbuh di masa kemakmuran di Hamburg, Jerman. Kota dengan cepat tumbuh sebagai hub keuangan dan kegiatan perdagangan, dan mereka dapat berkembang bersama dengan anggota lain dari kecil, erat kelompok orang-orang Belanda yang bahkan tidak memiliki hak kewarganegaraan penuh di Hamburg. Berenberg Bank hari ini kantor di seluruh Eropa, dan tetap Jerman bank swasta tertua di hari ini.

Terlama Bank di Dunia: Banca Monte dei Paschi di Siena

Siena, Italia (Didirikan 1472)

5 Bank Tertua Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]
Awalnya dibentuk sebagai Monte di Pieta, atau Monte Pio, untuk memberikan pinjaman kepada orang miskin dari amal, ini adalah bank terpanjang di dunia. "Monte," yang berarti "tumpukan" mengacu pada koleksi uang yang digunakan untuk distribusi amal, dan bank benar-benar berfungsi untuk manfaat ekonomi kota. Salah satu catatan sejarah yang menarik adalah bahwa warga Siena memasang pendapatan dari tanah sebagai jaminan terhadap pinjaman untuk pertanian dan infrastruktur kota, yang menyebabkan hal itu yang dirujuk sebagai Monte dei Paschi di referensi ke tanah. Hari ini berdiri sebagai bank tertua yang ada di dunia sejauh ini, dan tetap menjadi terhormat bank yang memiliki cabang di seluruh Italia

TIPS MENGATASI BAU MULUT yang menyengat SAAT BERPUASA

http://4.bp.blogspot.com/_38O-0FfuZcE/TMhL-45p0YI/AAAAAAAAA4A/16wy2fWat0c/s1600/bau+mulut.jpg
Selama menjalankan ibadah puasa, masalah bau mulut seringkali menimbulkan ketidaknyamanan. Masalah yang kerap terjadi menjadi hambatan dalam pergaulan dan membuat minder.

Saat berpuasa, produksi air liur dalam mulut dan dalam saluran pencernaan berkurang sehingga menjadi lebih kering. Akibatnya timbul halitosis atau bau mulut.


Bau mulut juga dapat disebabkan penyakit sistemis seperti liver, lambung, saluran pernapasan serta ginjal akut. Sedangkan penyakit gigi dan mulut penyebab napas tak segar di antaranya gigi berlubang, radang gusi, gingivitis karena karang gigi, dan periodontitis.


Sebenarnya bau mulut saat menjalankan puasa tak perlu dirisaukan. Simak beberapa tips sederhana mencegah bau mulut selama puasa, seperti dikutip dari holisticcare-dentalclinic.


1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menggosok gigi dan lidah secara benar. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi. Jika menggunakan cairan kumur, jangan memakai cairan dengan kandungan alkohol di atas 25 persen karena memicu risiko kanker rongga mulut.


2. Periksa ke dokter gigi Anda minimal enam bulan sekali. Bila ada waktu, lakukan spa gigi dua kali dalam sebulan untuk menjaga kesehatan gigi.


3. Hindari rokok dan alkohol karena berefek memperburuk status kebersihan mulut yang memicu terjadinya gingivitis dan periodontitis. Alkohol mengurangi produksi air liur yang akan memperparah bau mulut.


4. Perbanyak konsumsi buah-buahan pengusir bau mulut seperti apel, bengkuang dan wortel. Teh hijau mengandung bahan aktif catechin yang dapat menghilangkan plak, menurunkan kadar gula, dan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Minumlah 2-5 cangkir teh hijau sehari.


5. Keju yang rendah karbohidrat, tinggi kalsium dan mengandung fosfat, dapat memperkuat email gigi, meningkatkan produksi air liur dan mengurangi pertumbuhan karang gigi.


6. Perbanyak konsumsi air putih minimal satu liter atau delapan gelas sehari selama berbuka hingga sahur. Ini untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh.


7. Asup makanan probiotik seperti yogurt yang memelihara pencernaan dan menghambat bau mulut.