Langsung ke konten utama

kebiasaan yang berbahaya untuk manusia

Pernahkah Anda menyadari bahwa ada kebiasaan buruk menunda mengganti sarung bantal, sikat gigi, dan menahan buang air kecil bisa berbahaya bagi kesehatan?

Menjaga kebersihan merupakan salah satu cara penunjang kesehatan, namun jika kebiasaan ‘malas’ atau sering ‘lupa’ jadi kerap dilakukan, maka jangan heran kenapa selalu saja ada anggota keluarga yang rentan sakit.

Berikut ini ada beberapa kebiasaan yang bisa membahayakan kesehatan :

Jarang mengganti sarung bantal

Saat pagi hari, pernahkah Anda tiba-tiba merasa gatal pada rongga hidung, kepala terasa pening, dan bersin-bersin? Kemungkinan ini bisa saja terjadi saat kondisi badan Anda sedang drop, tapi biasa saja kondisi itu akibat Anda kurang memperhatikan kebersihan bantal. Coba perhatikan bantal Anda, binatang-binatang kecil dan debu bisa saja mengendap di bantal, dan menjadi masalah bagi kesehatan Anda.

Kapan terakhir Anda mengganti sarung batal? Jika tidak pernah diganti atau jarang bukan tidak mengkin bantal Anda menyimpan kuman lengkap dengan kotoran mereka, dan setiap malam Anda menghirup itu semua. Bukan saja pusing, mata bengkak, bersin-bersin dan terganggu pernapasannya, kulit yang terkena kuman pun cenderung lebih sensitif. Perhatikan pengantian alas tidur setiap dua minggu sekali untuk menjaga kesehatan keluarga.

Jarang mengganti sikat gigi

Anda lupa kapan terakhir mengganti sikat gigi? Kebiasaan ini sama saja dengan menabung bakeri pada mulut. Bakteri, jamur dan virus siap menempel pada sikat gigi dan pindah lagi ke rongga mulut. Kebiasaan menaruh sikat gigi ditempat terbuka dan menyatukan dengan sikat gigi anggota keluarga lain juga jadi pemicu penyakit, pasalnya kuman bisa lebih leluasa berpindah tempat dan menginfeksi mulut saat sikat gigi.

Sebaiknya ganti sikat gigi Anda maksimal setiap tiga bulan sekali. Dan untuk anak-anak lebih sering mengganti sikat gigi lebih baik untuk kesehatannya.

Kebiasaan meregangkan tubuh

Kebiasaan ini pasti pernah dilakukan semua orang, meregangkan tubuh saat ingin tidur atau setelah bangun tidur memang membuat badan agak sedikit mengurangi ketegangan, tapi tahukah Anda kebiasaan itu justru membahayakan. Memaksakan peregangan bisa membuat tubuh jadi kram. Sebaiknya lakukan peregangan 10 menit usai beraktivitas, misalnya minum kopi dulu, mencuci muka, dan menyikat gigi. Setelah itu Anda bisa meregangkan bagian-bagian yang terasa kaku. Lakukan dengan hati-hati agar tidak cedera, cara mudahnya Anda bisa menaruh kedua telapak tangan ke belakang, seperti menempelkan telapak tangan ke kantung belakang celana, lalu regangkan badan ke belakang sambil bertumpu dengan kedua telapak tangan ( seperti posisi kayang), tahan tiga detik, dan ulangi 2-4 kali.

Kebiasaan menahan buang air kecil

Merasa sibuk Anda jadi tidak sempat membuang cairan tubuh yang sejak dari tadi Anda tahan. Sering menahan pipis bukan hanya membuat Anda tidak nyaman, tapi juga organ yang bekerja menampung didalamnya. Jika kerap dilakukan kantung kemih akan mengalami masalah, selain sulit berkontraksi, kantung kemih pun jadi sulit mengosongkan urine. Bukan hanya itu, saat pembuangan saluran kemih pun akan terasa ngilu. Ancaman infeksi kantung kemih akan lebih rentan dialami Anda yang kerap menahan buang air kecil.

Kebiasaan memikul tas di posisi pundak yang sama

Perhatikan kebiasaan Anda saat membawa tas. Apakah Anda menggunakan sisi pundak yang sama terus menerus? Kebiasaan ini tentunya akan merugikan Anda, pasalnya menggendong atau memikul barang berat di satu sisi secara terus menerus bisa menyebabkan masalah pada otot dan memicu sakit pada lengan. Untuk menghindarinya, usahakan untuk memindah posisinya setiap beberapa menit agar peredaran darah lebih lancar.

Popular Posts

close
Gabung Grup Facebook Kami